Rabu, 02 Mei 2012

The Social Network Dan Hubungannya Dengan Pemasaran


Sinopsis

Mark Zuckerberg, remaja berusia 19 tahun yang merupakan mahasiswa dari Universitas Harvard, USA. Zuckerberg memilkiki seorang pacar yang bernama Erica. Zuckerberg yang cenderung menyendiri memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan pacarnya setrelah melakukan percakapan pendek sekitar 5 menitan. Zuckerberg memiliki intelektual yang tinggi khususnya dalam bidang komputer. hal inilah yang menyebabkan dia menyendiri dan terkesan anti sosial karena dia menghabiskan waktunya di depan komputer ditemani bir. Kegiatannya ini membuahkan sebuah FaceMash yang merupakan awal dari Facebook. Dengan FaceMash, mahasiswi di Universitas Harvard bisa melihat diri mereka sendiri termasuk populer atau tidak.

Di benak Zuckerberg, ia ingin membuat situs jejaring sosial yang lebih besar, dan ide tersebut adalah FaceBook. Bersama dengan sahabat karibnya Eduardo Saverin yang juga seorang investor, Mark Zuckerberg membangun Facebook.

Semakin hari, Mark bersama teamnya melakukan berbagai macam promosi agar facebook lebih dikenal oleh kalangan ramai. Salah satu hal yang menarik, saat awal promosi, facebook lebih banyak diperkenalkan di kalangan pendidikan seperti sekolah maupun universitas. Fokus mereka adalah mengajak semua orang yang punya email dengan domain dot EDU (education yang biasa dipakai oleh universitas) menjajal kemampuan dari facebook.

Ketika Facebook sudah dikenal luas, Mark tega meninggalkan Eduardo Saverin , teman sekampus Mark yang ikut mendanai situs Facebook. Malah, Mark berkongsi dengan Sean Parker. Mungkin karena itu, Mark menjadi kaya dengan Facebook-nya sementara polemik baru telah dimulai.

Film ini berakhir tiba-tiba dimana facebook mulai ramai dibicarakan orang dan tidak begitu menceritakan keadaan pengguna facebook saat ini. Meskipun begitu, materi filmnya sudah lengkap dan menggambarkan bagaimana sebuah website social network dibangun.

Fakta yang tak terbantahkan mengenai facebook adalah bahwa di bulan Mei tahun 2005, hanya lebih dari 15 bulan setelah The Facebook dot COM diluncurkan, perusahaan telah memiliki 2.8 juta pengguna aktif dan telah memiliki ketersediaan dana (gelombang kedua) sebesar 13 juta US dollar. Dan dalam waktu 6 tahun, situs tersebut telah beralih dari tujuan awal untuk membantu mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran menjadi situs jejaring sosial yang mempunyai ratusan juta pengguna dari seluruh penjuru dunia.
Hubungan Dengan Pemasaran
Hubungan film The Social Network dengan pemasaran adalah, sutradara dari film ini mengajak penonton agar penasaran dengan facebook dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna facebook. dengan demikian, pendapatan yang akan diraup oleh Facebook akan meningkat. selain itu, hal ini merupakan bentuk promosi dari Facebook dimana film ini bertujuan untuk mengangkat nama Facebook agar mendunia. Sutradara film ini yang tentunya bekerjasama dengan sang pembuat Facebook, yaitu Mark Zuckerberg melihat adanya kesempatan bagus dalam melambungkan nama Facebook dengan cara membuat film. ini adalah cara pemasaran yang efektif. diamana kita tahu bahwa mayoritas masyarakat di bumi ini menyukai film dan Mark Zuckerberg mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

1 komentar:

  1. TERIMA DEPOSIT DARI SEMUA E-WALLET DAN BANK LOKAL DI INDONESIA!!

    DENGAN MINIMAL DEPOSIT DAN WITHDRAW Rp 50.000

    TERIMA DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL DI BOLAVITA!!
    BONUS RETURNING MEMBER Rp 200.000
    BONUS NEW MEMBER 10%
    BONUS EVERYDAY 5%
    BONUS REFERRAL UP TO 10%
    BONUS ROLLINGAN
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    BalasHapus